Tips Memberikan Hadiah untuk Bayi Baru Lahir

Tergelitik untuk menulis tips memberikan kado yang bermanfaat untuk bayi baru lahir terlebih untuk new parent. Berbekal pengalaman saya, banyak hadiah yang tak terpakai tergeletak begitu saja. Jadi daripada hadiah yang kita kasih tidak berguna mending simak aja yuk, apa aja sih yang paling dibutuhkan bagi orangtua baru buat anaknya, jangan sampai pemberian kita mubazir dan hanya jadi hiasan semata.

Banyak orang memberikan hadiah kepada bayi baru lahir berupa parcel bedak atau pakaian set. Sah – sah aja sih buu.. tapi mending memberikan hadiah yang memang bakalan di butuhkan buat kedepannya.


Berikut ini barang yang gak penting buat diberikan:



Parcel bedak/kosmetik bayi
Kenapa gak penting?, kan kita gak tau orangtua ato bayinya pake bedak/kosmetiknya apa. Yg ada klo kita maksain beli apalagi yang mahal terus  “dipercantik”. Ujung- ujungnya saya jamin yang kita kasih itu cuman buat jadi pajangan aja. #curcol



Set Pakaian
Loh kok gak penting juga?, yah pakaian yang ibu/bapak kasih pasti cuman dipakai sebentar, sisanya sih kesempitan pastinya. kalaupun mau memberikan set pakaian mending yang ukuran gede skalian biar dipake terus :p



Gendongan
Gendongan gak penting buat dikasih. Calon orangtua baru pasti bakalan prepare buat ini. Daripada ujung”nya hadiah yang kita kasih di kasih lagi ke orang #curcol#, mending kasi kado yang beneran di pake deh.



Selimut Bayi Newborn
Hmm… saran saya sih ini juga gak penting buat dikasih, karena pakenya cuman sebentar. Dan lagi” calon ortu pasti uda prepare buat beli ini.



Kasur bayi set lengkap (bantal +guling)
ini sih barang gak penting juga. klo emang gak da yang ngasih barang ini dan orangtuanya juga gak beli, ini jadi barang yang berguna. tapi kalau banyak yang kasih dan orangtua juga uda beli, ujung” palingan dikasih ke orang lagi. Percaya deh.



Bak mandi
Ini sih pasti orangtua udah punya. Jadi gak usah deh.




Nah, Setelah melihat daftar barang” gak penting buat dikasih, dibawah ini daftar barang yang berguna kalau kita kasih:



Bouncer
Harganya memang “rada mahal” yah sekitar 200 ribuan lebih. Tapi amat berguna buat orangtua baru, seperti kalau mau pergi ke wc sebentar anaknya di taro disni dulu. Bouncer bakalan kepake saat bayi usia 0 bulan s/d setaunan. #tergantung jenis bouncernya#



Kereta dorong babyborn
Harganya sekitar 300an, bisa digunakan dari 0 – 4 bulan, yah selama bayi-nya masih muat masuk kedalam kereta dorongnya. Eitss kereta dorong bukan stroller yah, beda lagi buuu…
Manfaatnya, buat yang punya space rumah kecil yang gak bisa naro babybox, ini alternatif lain. Disamping bisa di dorong” kesana kemari klo berada didalem rumah, lebih praktis.



Set bantal guling 
Buat yang pengen ngasih seadanya aja, ini bisa jadi alternatif. walau banyak yang kasih, tapi bantal dan guling bakalan kepake terus.



Tas
Sama kaya diatas, walau banyak yang kasih tas bisa dipake secara bergantian.



Tempat makan (Feeding Set)
Hmm… yang penting sih yang BPA Free yah, bukan tempat makan abal”. Klo yang biasa aja pasti deh gak akan kepake.



Slow Cooker
Hadiah yang paling berguna banget buat orangtua baru. karena saat bayi-nya udah 6 bulan benda ini jadi barang wajib. Pasti banyak yang gak mikir buat beli ini.



Brustpump
Barang wajib juga nih, buat yang pengen ASIX dan ibu bekerja. Bakalan kepake terus.



Playmate/play gym
Penting buat dikasih, karena buat perkembangan anak. Bakalan kepake terus dari 0 – 12 bulan.



Botol kaca simpan ASI
Barang penting buat ibu bekerja dan memberikan ASIX. Saran saya sih mending beliin yang 1 pax aja yang satuannya 4000. Berguna banget.



Blender
Barang penting juga kalau mau memberikan. Karena saat bayi-nya uda MPASI blender pasti gak akan ketinggalan.



Sterilizer + Warmer
Gak perlu ditanya lagi betapa penting juga barang ini.



Stroller
Ini sih memang berguna banget, tapi kalau budget terbatas yah mending kasih yang lain aja. :)



Bagaimana tips dari saya?, semoga bermanfaat ya buat yang lagi pengen kasih” hadiah. Owya mengenai memberikan botol susu(dot)/empeng. Menurut saya itu berada di posisi “abu2x” karena sebagian orangtua tidak memberikan minum melalui botol susu (dot)dan sebagian ortu juga tidak menggunakan empeng.
Saran saya sih, sebaiknya memang sebelum kita memberikan hadiah, kita tanyakan terlebih dahulu apa yang belum dipunya atau sedang membutuhkan apa. Supaya lebih berguna dan bermanfaat begitu.




Yukz ah capcus dulu, biasa nyusui anak lagi >.<



Note: all picture i take from "mbah google"

No comments

Silahkan tinggalkan komentar kamu, tapi plis banget ya pergunakan bahasa indonesia yang baik dan membangun. Mohon maaf juga harus di moderasi biar gak ada yang spam. Happy Comment ^^~