Contek 7 Tips ini, agar kamu terhindar dari Flu ketika Traveling



TIPS BEBAS FLU SAAT TRAVELING

“Libur telah tiba.. libur telah tiba..

Horee.. horeee.. horeee” – Libur sekolah, Tasya

Hai, Hanamiers..Hawa – hawa liburan sudah didepan mata nih, pastinya kalian sudah banyak todolist untuk liburan Panjang akhir tahun ini yekan?, apalagi kalau liburannya bareng keluarga tercinta. Tapi, jangan terlalu terburu – buru packing ini itu dulu ya moms.  Ada hal yang lebih penting Dari packing barang kesayangan, yaitu melakukan Vaksin Influenza sebelum berangkat traveling.


Apa itu Influenza?
TIPS BEBAS FLU SAAT TRAVELING

Minggu (24/11), Mami menghadiri talkshow bareng teman blogger lainnya di Paradigma Café, Cikini, Jakarta. Talkshow tersebut membahas tentang bagaimana kita sebagai traveller baik itu travel blogger atau family traveller macem mami ini bisa bebas flu saat traveling. Bareng narasumber seorang dokter cantik; Dr. Suzy Maria Sp.PD.

Sebelumnya kalian sudah tau kan Influenza itu apa?, yep.. Influenza adalah sebuah penyakit yang tidak berbahaya tapi menular, dan penularannya sangat cepat. Dikutip dari berbagai sumber, pengertian Influenza adalah  infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. Kalau mami lagi terkena flu, pening banget kepala dan inginnya tiduran terus.

TIPS BEBAS FLU SAAT TRAVELING

Flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi. Bahkan pada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul. Iya sih, kalau di rumah, begitu salah satu ada yang terkena flu/memperlihatkan gejala – gejalannya langsung deh secepat badai virus Influenza-nya menyebar dan menularkan kesemua termasuk mami. Jadi, semisal papi sakit flu, hana dan mami juga tertular. Duh!

Baca: Staycation di The Valley Hotel & Resort, Bandung

Biasanya gejala flu itu meliputi demam, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Meskipun sama dengan gejala batuk pilek biasa, gejala flu terasa lebih parah dan sering kali menyerang tiba-tiba. seseorang bisa terkena virus influenza karena beberapa faktor seperti kurangnya istirahat yang cukup, perjalanan selama liburan yang melelahkan sehingga tubuh kita mudah capek dan terkena influenza, serta yang terakhir karena kita terkena kontak dengan penderita influenza.

.Mengapa Harus Vaksin Influenza?
TIPS BEBAS FLU SAAT TRAVELING
Karena Influenza ini termasuk jenis virus, maka penyembuhnya hanya bisa dilakukan oleh antibody tubuh kita. Kalaupun ada obat – obatan yang harus dikonsumsi itu hanya untuk meredakan gejalanya saja tidak untuk menyembuhkan. Makanya, obat yang paling ampuh adalah dengan melakukan vaksin influenza. Baiknya jika kita ingin divaksin influenza sesuaikan jenis vaksin dengan negara yang kita tuju.

Baca: Sari Ater, tempat wisata terpadu cocok untuk keluarga!
Kenapa harus divaksin? Selain untuk membantu antibody kita mengenali virus influenza dan melawannya, faktor positif lainnya adalah kita bisa mencegah komplikasi, salah satunya penyakit pneumonia. karena jenis virus flu ini pintar mereka mampu beradaptasi menjadi beberapa varietas dan berubah tiap tahun untuk menembus kekebalan tubuh kita karenanya wajib melakukan vaksin influenza setahun sekali.
TIPS BEBAS FLU SAAT TRAVELING

Biasanya virus Influenza ini terjadi saat musim dingin, kalau di Indonesia penyebarannya terjadi ketika musim pancaroba seperti sekarang. Virus influenza lebih bertahan lama di dalam ruangan saat musim dingin/musim pancaroba, karena kelembaban udara yang kurang dibandingkan diluar ruangan.

Influenza sangat mudah menyerang karena melalui perantara udara dan barang – barang sekitar yang disentuh oleh penderita. Bila seseorang terkena flu dan bersin 20.000 droplet dilepaskan di udara, bisa menular hingga jarak 1.8 m. lain lagi dengan kontak langsung: Virus influenza dapat bertahan di permukaan hingga 48 jam dan tetap menularkan bila seseorang memegang permukaan benda – benda yang ia sentuh.

TIPS BEBAS FLU SAAT TRAVELING


Jika kita hendak menaiki pesawat dan didalamnya ada penderita flu (baik penumpang atau pramugarinya) resiko tertular kita akan semakin besar, sekitar 80% kemungkinan yang sehat terkena virus influenza dan membawanya keluar dari pesawat. Pun bila kita berlibur memakai jasa kapal pesiar, outbreat influenza sekitar 2 – 7% penumpang. Tingkat infeksi influenza pada traveler 8,9 orang per 100 orang-bulan. Enggak mau kan traveling kamu jadi terganggu karena flu? , makanya di vaksin dulu ya hanamiers. Tenang aja vaksin ini halal kok, sudah ada sertifikat resminya di Halal MUI, kalian bisa cek di website.

TIPS BEBAS FLU SAAT TRAVELING


Tapi, bukan serta merta bila kita melakukan vaksin influenza ini bisa mencegah dari penularan virus flu ya. Kita juga harus melakukan hal – hal ini.
7 Tips aman bebas Flu selama liburan:
  1. Lakukan vaksinasi Flu 2(dua) minggu sebelum keberangkatan. Fungsinya supaya antibody kita mengenali terlebih dahulu dan memersiapkan pasukan yang kuat melawan virus influenza.
  2. Membawa perlengkapan kesehatan selama perjalanan seperti tissue, masker wajah standar kesehatan, hand sanitizer yang mengandung alkohol dan kotak P3K (termasuk membawa obat influenza).
  3. Segera tutupi hidung dan mulut ketika bersin.
  4. Cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh fasilitas umum.
  5. Bersihkan sabuk pengaman, meja dan pegangan tangan sebelum melakukan penerbangan.
  6.  Minum banyak air mineral.
  7. Istirahat yang cukup.

Nah, gimana hanamiers? Biar liburannya enak kita harus melakukan vaksin influenza terlebih dahulu ya. Meskipun penyakit flu ini suka kita sepelekan tapi liburan bakalan kacau karena kondisi tubuh kita yang enggak fit. Kaya tahun lalu nih, ketika mami liburan ke singapura sama Hana dan papi. Sesampainya di sana Hana flu, jadilah dia cranky pas kita jalan – jalan dan alhasil selama beberapa hari kita kedepan hanya menikmati Kasur di hotel. Hiks.

Baca: Jalan - Jalan Hanami Ke Singapura 6D5N!

So, daripada menyesal karena sudah merencakan liburan jauh hari, baiknya memang selain melakukan persiapan ini-itu vaksinansi flu sangat penting dilakukan sebelum berlibur.

TIPS BEBAS FLU SAAT TRAVELING

Happy Holiday~

No comments

Silahkan tinggalkan komentar kamu, tapi plis banget ya pergunakan bahasa indonesia yang baik dan membangun. Mohon maaf juga harus di moderasi biar gak ada yang spam. Happy Comment ^^~