Trend Boneka Arwah ( Spirit Doll), Penyimpangan atau ?


boneka arwah


Hallo Hanamiers, kembali lagi dipostingan #PojokRenungan. Tema kali ini menyoal Boneka Arwah.
Yeah... sebenarnya trend ini udah lama sih. Tapi baru booming lagi sekarang. Karena semakin banyak selebgram yang koleksi Boneka Arwah ini.


Apa itu Boneka Arwah/Spirit Doll?

Menurut mereka, boneka arwah itu adalah boneka yang diisi oleh aneka arwah. Dominannya arwah anak kecil. Nah, cara membelinya pun terbilang unik. Harus adopsi, wajib ada ijin dari pihak keluarga dan membayar sejumlah mahar (yang tidak sedikit nominalnya). Serta saat merawat mereka pun, harus seperti kita merawat manusia. Dikasih pakaian yg layak, dimandiin. Dikasih makan dan minum. Biasanya mereka suka susu (katanya).


Boleh gak beli boneka ini?

Klo menurut agama mami ya(Islam). Ini termasuk musyrik gak sih?
Soalnya, sepemahaman mami. Jika kita meninggal atau wafat. Pastinya roh kita itu udah ada di alam lain. Yang tinggal di bumi yang sama dengan kita hanya Jin. Nah, Jin ini yang dapat menyerupai bentuk kita saat masih hidup. mungkin ini sih yang disalahpahami sama beberapa orang ya. saat mereka melihat roh/arwah yang masih ada dibumi, dipikirnya itu roh orang meninggal, padahal bukan (menurut agama mami).

Kasian aja sih, jin dikurung dalam boneka kemudian diperjualbelikan. Dengan alasan daripada menjadi spirit jahat mending kita didik layaknya keluarga sendiri.
Errr...
Ini beneran enggak masuk logika mami sih ya. Tapi, balik lagi ini kepercayaan. Yang namanya kepercayaan ya kembali ke pribadi orang masing - masing.

Tapi, jujur... beberapa bonekanya itu ada yang lucuk . Iseng - iseng mami tanya dong owner salah satu spirit doll ini, boleh gak beli bonekanya aja? ternyata Boleh beli tanpa diisi arwah yang mana nominalnya jauh beda banget. Terus mami mikir... eh iya.. klo kita beli benda yang menyerupai manusia (boneka, lukisan dll) Jin seneng banget itu nyarang disana . Dahlahh sekip beli. Daripada mengundang yekan.

Itu sih ya.. Buat yang bingung trend sekarang. Aneh memang manusia dengan segala keunikannya. Macem Jin - lah di eksploitasi. Rupanya, mengeksploitasi Anak manusia kagak cukup .

Tapi, mami agak sedih. Sebagai orang yang kadang bisa merasakan sosok - sosok Jin itu. sebenarnya kan Jin sama dengan manusia. Bisa berkembang biak, bisa punya keluarga, dan Jin juga ada yang islam dan non islam. ada yang baik ada yang enggak baik. ada yang mau berteman dengan manusia dan ada yang enggak. Buat mami, ini pendapat mami pribadi ya. Kita kan sama Jin aja udah beda alam nih. yauda sih, hidup di alam masing  - masing aja jangan jadinya kita malah menjauh dari Tuhan gitu. terutama buat orang muslim nih, yang mami liat banyak dari mereka yang ikut - ikutan koleksi boneka arwah. 

Sebenernya, kalian mending beli aja boneka di abang-  abang yang lucuk nan imut tanpa diisi spirit/roh. tapi kalau takut nanti bakalan ada Jin yang naksir bonekamu yowes enggak usah beli sekalian. 

Soo.... Kalau ditanya Beli Boneka Arwah itu bentuk penyimpangan atau bukan? yaaa.. balik ke pribadi dan kepercayaannya masing - masing ya. Sekian curhatan #PojokRenungan mami. Monmaap jika ada yang tersindir ya. Ini hanya penilaian subjektip. Dan dengan nalar receh mami. Sampai jumpa di #PojokRenungan selanjutnya~

26 comments

  1. Aku mah serem melihat boneka yang diisi. Juga kasihan sebenarnya, Kenapa kita jadi lebih jahat daripada mereka.

    Dulu aku waktu kecil kan pernah punya boneka yang mirip sama bayi manusia yang bisa merem melek itu loh. Terus kalau malam tiba-tiba rasanya kayak boneka nya bisa gerak sendiri, lalu paginya langsung aku culek matanya.

    ReplyDelete
  2. Mbak, trennya di Indonesia juga? Pernah baca, maraknya di negara lain tapi kalau di Indonesia ... ada ya yang perjualbelikan?

    ReplyDelete
  3. Aku lihat video-video tentang boneka arwah ini di Tiktok, wow terkejut dong karena ternyata ada yang punya bonekanya sampai beberapa rak/lemari. Trus iya, dikasih minum susu UHT, yang akan berkurang karena sedotannya netes-netesin susunya itu, dengan sendirinya. Wallahu'alam deh ya kalau soal itu. Unik menurutku, tapi gak tertarik, karena tatuuuuut.. haha

    ReplyDelete
  4. Biar dikata zaman modern, tetep aja kesyirikan bisa merajalela, ya. Jadi kudu lebih ati2 deh, pilih boneka. Jangan2 mirip sama yang itu lagi. Hiii...

    ReplyDelete
  5. Bener nih mom balik lg ke kepercayaan yah tp klu sy pribadi serem sih jgnkan miliki, ngebayangin aja dah takut merinding hehehe

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu malah boneka arwah, hehehe. Nice info ya ma, ma kasih ulasannya jadi nambah wawasan

    ReplyDelete
  7. ihh aku kok ngeri mbak
    jangankan menyimpannya, lihatnya saja sudah takut, hehe
    aku mending pake boneka biasa biasa saja 🤭

    ReplyDelete
  8. Howalah dari namanya aja udah serem huhu. Dahlah beli boneka biasa aja buat dimainin. Gak mau bermain api juga sih masukin arwah atau jin atau apa, krn selain kurang bermanfaat juga serem aja gitu, khawatir nyawa kita terancam kek di pilem2 horor gtu #lebay. Mending banyakin interaksi aja ma org2 beneran, kalau mau bermain ya man ma org, mau curhat ya curhat ma org dll hehe

    ReplyDelete
  9. Aku baru tahu ini lho. Ruh orang meninggal udah mikirin yaumul hisab, ga bisa dipelihara apalagi masuk boneka.
    Sebaiknya hindari aja daripada tergoda.

    ReplyDelete
  10. aku juga udah kepoin nih boneka-boneka arwah kalau aku sendiri ngeri mba wkwkk ga mau dah beli2 ginian :p tapi ada aja yah peminatnya heran daku :p

    ReplyDelete
  11. aku sereeeem deh... kayaknya kalau pakai boneka arwah hanya untuk seseruan aja kok serem ya buatku hehehe

    ReplyDelete
  12. Duh mami jangan main main sama boneka arwah deh. Serem. Nonton film horor aja gak bisa tidur apalagi ada di kamar.

    ReplyDelete
  13. Wah aku ketinggalan banget update-an di dunia luarrr... Hihihi. Dan beneran gak habis pikir, orang-orang zaman now makin aneh-aneh aja ya, masa boneka diisi roh/spirit trus diperjualbelikan. Huhu.
    Aku setuju sih sama opini Mbak. Ya itu berkawan sama jin dan jatuhnya bisa syirik sih.

    ReplyDelete
  14. Hii.. serem juga ya bonekanya bisa ngomong sendiri, jalan sendiri gitu mba?

    Banyak yang minat mungkin, diantara mereka merasa kesepian jadi beli boneka arwah ini. Aku kok jadi kebayang sama si Chucky yang serem itu ya 🤔

    ReplyDelete
  15. Aku cukup kaget, Mami...kemarin ada temen yang fwd kalau jual boneka arwah ((selain jualan follower IG juga)).
    Dan iay banget, bonekanya cantik nan menggemaskan.

    Hanya kalau diperlakukan selayaknya manusia, apakah ia juga bisa merengek pas lagi lapar atau memiliki emosi-emosi tertentu?

    kan takut ih..jinakinnya gimana kalau dia marah tapi kita gak tau apa penyebabnya?
    Huhuu....aku prefer gak cari-cari masalah deeh..

    Tapi apakah boneka arwah ini bisa mendatangkan rejeki juga, gitu Mami?

    ReplyDelete
  16. Aduh takut deh aku dengan yang begini. Aku paling gak mau deh punya boneka begitu. Dan malah boneka cewek pun gak mau. Lebih milih boneka binatang yang lucu aja. Biar gak takut. Hehehe

    ReplyDelete
  17. Aku malah baru tau ada boneka arwah ini loh mih hihii.. kayaknya juga ga bakalan pengin punya. Kayak ngeri aja yaaa.. Bener tuh, mending beli yang lucu-lucu aja. Bagi sebagian muslim malah ada yang memutuskan ga boleh punya boneka yang menyerupai makhluk hidup.

    ReplyDelete
  18. Duh tren nya meuni aya - aya wae yah huhuhu, iya termasuk musyrik karena mempercayai hal mistis gitu yah, padahal itu memang jin bukan arwah yang mereka bilang itu.

    ReplyDelete
  19. aku ga make karena seram wkwkwk dah lama ga nyimpen yang berwujud makhluk mak jadi kalau ada yang seneng ya monggo gpp
    cuma emangg mistisnya kerasaaaa

    ReplyDelete
  20. Sumpah aku gak berani mbaak, dikasih pun aku pasti gak akan mau. boneka barbie pun dirumah hampir gak ada, karena sesuatu yang menyerupai mahluk hidup itu pasti sangat disukai jin2 untuk ditinggali.

    ReplyDelete
  21. horor banget siiihhh.. aku mah ga akan sama sekali punya niat buat beliiii.. emang ngga ngeri ya pemilik pemilik spirit doll ini, ngurus anak 2 aja udah susah, disuruh pula ngurusin anak hantu, riweuuuh pastiiii

    ReplyDelete
  22. Aku sepakat sih sama mami ruffie dalam hal ini. Harus merenung dalam dalam n kembali ke tuntunan agama sih, utk gali mana yg layak mana yang nggak.

    ReplyDelete
  23. OMG aku malah baru tahu dan ngeh. Pernah beberapa kali aku liat dulu, dan ngga nyangka kalau ini tuh "hobi baru" yang aneh dan creepy ya

    ReplyDelete
  24. Wah baru tahu lho aku, pun termasuk yang suka dengan tantangan yang meninggikan adrenalin. Tapi sumpah ogah amat ya disuruh beli, mahal. Akh yang real aja Allah SWT udah kasih banyak kenikmatan.

    ReplyDelete
  25. udh ikutin cerita boneka arwah...klo gak salah ada tuh di instagram yg peramal yang jg koleksi,bahkan artis-artis udh mulai ikut koleksi. Trkhir sy liat mbak celine evangelista juga koleksi 2 boneka arwah

    ReplyDelete
  26. agak ajaib yaa trendnya, aku aja geleng-geleng kepala sih tau ada trend kaya gini tuh di berita-berita. orang makin kesini makin edan kayanya makin stress sama beban hidup maybe jadinya kaya gitu hihihi

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar kamu, tapi plis banget ya pergunakan bahasa indonesia yang baik dan membangun. Mohon maaf juga harus di moderasi biar gak ada yang spam. Happy Comment ^^~