Trend Boneka Arwah ( Spirit Doll), Penyimpangan atau ?


boneka arwah


Hallo Hanamiers, kembali lagi dipostingan #PojokRenungan. Tema kali ini menyoal Boneka Arwah.
Yeah... sebenarnya trend ini udah lama sih. Tapi baru booming lagi sekarang. Karena semakin banyak selebgram yang koleksi Boneka Arwah ini.


Apa itu Boneka Arwah/Spirit Doll?

Menurut mereka, boneka arwah itu adalah boneka yang diisi oleh aneka arwah. Dominannya arwah anak kecil. Nah, cara membelinya pun terbilang unik. Harus adopsi, wajib ada ijin dari pihak keluarga dan membayar sejumlah mahar (yang tidak sedikit nominalnya). Serta saat merawat mereka pun, harus seperti kita merawat manusia. Dikasih pakaian yg layak, dimandiin. Dikasih makan dan minum. Biasanya mereka suka susu (katanya).


Boleh gak beli boneka ini?

Klo menurut agama mami ya(Islam). Ini termasuk musyrik gak sih?
Soalnya, sepemahaman mami. Jika kita meninggal atau wafat. Pastinya roh kita itu udah ada di alam lain. Yang tinggal di bumi yang sama dengan kita hanya Jin. Nah, Jin ini yang dapat menyerupai bentuk kita saat masih hidup. mungkin ini sih yang disalahpahami sama beberapa orang ya. saat mereka melihat roh/arwah yang masih ada dibumi, dipikirnya itu roh orang meninggal, padahal bukan (menurut agama mami).

Kasian aja sih, jin dikurung dalam boneka kemudian diperjualbelikan. Dengan alasan daripada menjadi spirit jahat mending kita didik layaknya keluarga sendiri.
Errr...
Ini beneran enggak masuk logika mami sih ya. Tapi, balik lagi ini kepercayaan. Yang namanya kepercayaan ya kembali ke pribadi orang masing - masing.

Tapi, jujur... beberapa bonekanya itu ada yang lucuk . Iseng - iseng mami tanya dong owner salah satu spirit doll ini, boleh gak beli bonekanya aja? ternyata Boleh beli tanpa diisi arwah yang mana nominalnya jauh beda banget. Terus mami mikir... eh iya.. klo kita beli benda yang menyerupai manusia (boneka, lukisan dll) Jin seneng banget itu nyarang disana . Dahlahh sekip beli. Daripada mengundang yekan.

Itu sih ya.. Buat yang bingung trend sekarang. Aneh memang manusia dengan segala keunikannya. Macem Jin - lah di eksploitasi. Rupanya, mengeksploitasi Anak manusia kagak cukup .

Tapi, mami agak sedih. Sebagai orang yang kadang bisa merasakan sosok - sosok Jin itu. sebenarnya kan Jin sama dengan manusia. Bisa berkembang biak, bisa punya keluarga, dan Jin juga ada yang islam dan non islam. ada yang baik ada yang enggak baik. ada yang mau berteman dengan manusia dan ada yang enggak. Buat mami, ini pendapat mami pribadi ya. Kita kan sama Jin aja udah beda alam nih. yauda sih, hidup di alam masing  - masing aja jangan jadinya kita malah menjauh dari Tuhan gitu. terutama buat orang muslim nih, yang mami liat banyak dari mereka yang ikut - ikutan koleksi boneka arwah. 

Sebenernya, kalian mending beli aja boneka di abang-  abang yang lucuk nan imut tanpa diisi spirit/roh. tapi kalau takut nanti bakalan ada Jin yang naksir bonekamu yowes enggak usah beli sekalian. 

Soo.... Kalau ditanya Beli Boneka Arwah itu bentuk penyimpangan atau bukan? yaaa.. balik ke pribadi dan kepercayaannya masing - masing ya. Sekian curhatan #PojokRenungan mami. Monmaap jika ada yang tersindir ya. Ini hanya penilaian subjektip. Dan dengan nalar receh mami. Sampai jumpa di #PojokRenungan selanjutnya~

No comments

Silahkan tinggalkan komentar kamu, tapi plis banget ya pergunakan bahasa indonesia yang baik dan membangun. Mohon maaf juga harus di moderasi biar gak ada yang spam. Happy Comment ^^~