Ini Rahasia Pentingnya menjaga Saluran Cerna si kecil untuk Imunitas yang lebih baik

Nutriclub

Anak yang sehat dan memiliki tumbuh kembang optimal merupakan dambaan setiap keluarga ya moms, tak terkecuali mami nih. Jujur, mami sangat peduli tentang bagaimana caranya menjaga imun tubuh Hana supaya kuat dan gak mudah drop. Menurut mami, ini penting banget agar Hana bisa terus sehat dan belajar hingga tumbuh secara optimal. 

Sayangnya, infeksi saluran pernapasan akut dan diare menular, banyak diderita oleh anak usia di bawah lima tahun dan menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada anak usia di bawah lima tahun. Padahal, hal ini dapat dicegah dengan mendukung si kecil memiliki daya tahan tubuh yang baik agar tubuhnya kuat melawan infeksi virus dan kuman di sekitarnya. 
Mami jadi ingat beberapa waktu silam, saat Hana masuk ke rumah sakit dan dirawat selama seminggu karena ada infeksi saluran cerna. Rasanya mami mau nangis aja deh. Dulu, kalau boleh gantiin doi yang sakit mah bakalan mami lakuin, tapi kan enggak bisa yekan.


nutriclub


Padahal ya, mami sangat menjaga banget asupan makanan serta nutrisi yang tepat untuk Hana. Tapi ya memang, anak usia di bawah 5 tahun ini sangat rentan terhadap kuman dan virus yang berkeliaran di sekitarnya. Meski kita sudah protect tetap bisa loss juga. 

Kebetulan minggu lalu, mami mengikuti sesi webinar yang diselenggarakan oleh Nutriclub. Materi yang diberikan berguna banget apalagi masa pandemic seperti sekarang. Dengan tema “Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh kembang Optimal” menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya. Ada DR. dr. ARIANA DEWI WIDODO, SpA(K) selaku dokter spesialis anak. Dan Prof. YVAN VANDENPLAS, MD, PhD, selaku Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel.

Nutrisi dan Imunitas si kecil

nutriclub

Dalam acara seminar digital Nutrisi untuk Imunitas ini DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K)., dokter spesialis anak konsultan gastroenterology, menyatakan bahwa sistem imunitas dibentuk sejak awal kehidupan dan akan berkembang menjadi lebih kuat dan lebih kompleks seiring dengan pertambahan usia anak. 


Disinilah peran orangtua untuk memastikan agar perkembangan imunitas optimal. ketika sistem imun terjaga maka bisa menjadi bekal bagi anak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik di usianya. Pada kesempatan ini, dr. Ariani juga memberikan paparan mengapa anak-anak rentan terkena penyakit infeksi seperti ISPA dan diare.

nutriclub


"Penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang," ujar dr. Ariani. 

Hal ini mengakibatkan bila ada kuman atau alergen akan mudah masuk melalui sel - sel tersebut. Sehingga menjaga kesehatan saluran cerna sangatlah penting. Untuk itu dibutuhkan nutrisi yang tepat, salah satunya dengan memberikan nutrisi yang mengandung prebiotik sebagai bentuk upaya menjaga kesehatan saluran cerna si kecil. 


Bakteri mikrobiota memiliki peran penting terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri pathogen. Di dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobiota dengan jumlah paling banyak terdapat diusus. Maka dari itu menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat menjadi penting untuk meningkatkan imunitasnya.

Pentingnya menjaga keseimbangan Mikrobiota dalam saluran cerna

nutriclub


Lebih lanjut, Prof. YVAN VANDENPLAS, MD, PhD, selaku Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel. Menjelaskan lebih dalam tentang Mikrobioma Gastrointestinal (keseimbangan mikrobioma dalam usus) yang sehat berperan sangat penting untuk mengembangkan system imunitas anak sejak dini. Mikrobioma merupakan seluruh ekosistem mikroba yang ada di dalam sebuah organ tubuh. 


Sementara mikrobiota usus, bakteri baik bifidobacteria, berperan penting untuk mendukung sistem imun dengan memproduksi antibodi, mengontrol peradangan, mengencangkan sambungan usus, dan mendorong toleransi terhadap makanan. 

nutriclub


Penelitian menujukkan nutrisi mengambil peran besar dalam menjaga keseimbangan microbiota dalam usus. Kombinasi prebiotic FOS dan GOS mampu merangsang perkembangan bakteri baik; Bifidobacteria. Bifidobacteria dan lactobacillus tertentu dapat membantu kesehatan saluran cerna.

Dipaparkan juga bahwa pada *GIANT Study terdapat 767 anak sehat di 5 Negara yang mengkonsumsi susu pertumbuhan dengan prebiotic icFOS/ScGOS dan n-3 LC PUFA dapat mengurangi resiko infeksi saluran cerna. 

Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan Si kecil sejak dini agar imunitasnya terbangun dengan sempurna dan dapat tumbuh kembang secara optimal. Salah satunya adalah dengan pemberian susu pertumbuhan yang sesuai dan sebisa mungkin mengandung FOS dan GOS.

Overall…

Nutriclub

Nutrisi yang buruk dapat menyebabkan system imun terganggu dan membuat tumbuh kembang anak tidak optimal. Pentingnya asupan Mikro dan Makronutrien dalam tubuh dapat membentuk dan memelihara system imun. Karenanya, kita harus menjaga Kesehatan saluran cerna dengan cara memberikan keseimbangan microbiota dalam usus si kecil sehingga menciptakan system imun yang baik. 

Webinar kali ini beneran membuka wawasan mami tentang asupan nutrisi yang tepat ya, Hanamiers. Mami kira, selama ini sudah memberikan nutiris yang baik untuk Hana, ternyata setelah mengikuti ini kurang lebih sejam ada hal yang terlewat oleh mami. Yaitu pemberian susu pertumbuhan yang mengandung FOS dan GOS. 

Terima kasih Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui Nutriclub yang udah bikin event online yang berfaedah, semoga kedepannya akan ada webinar yang mengupas tuntas lagi seperti ini ya. 









*Sumber: Pantipa Chatchatee, Way S. Lee, Eugenia Carrilho, Pensri Kosuwon, Nipat Simakachorn, Yalcin Yavuz, Bastiaan Schouten, Patricia Lgtens-de Graaff, and Hania Szajewskae, Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition 2014; 58: 428-437.

No comments

Silahkan tinggalkan komentar kamu, tapi plis banget ya pergunakan bahasa indonesia yang baik dan membangun. Mohon maaf juga harus di moderasi biar gak ada yang spam. Happy Comment ^^~