Yuk, Berpetualang di dunia bawah laut secara virtual bareng PaddlePop Seaventure

Paddlepop seaventure

Hai hanamiers, beberapa hari lagi anak – anak udah libur nih. Ada list mau mengisi kegiatan anak selama liburan ngapain aja?

Beberapa waktu lalu Hanami diajak berpetualang kedunia bawah laut bareng paddlepop dan Jakarta Aquarium, di sana kita berpetualang menyelam didasar laut dan berkenalan dengan biota laut. Ada ikan pari, hiu, ubur – ubur dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, selain memperkenalkan dunia bawah laut, ada kuis dan teka-tekinya juga yang bikin Hana seneng.

paddlepop seaventure

Etss.. sebelum memulai petualangan bawah laut, Hana Bersama teman – teman yang lain diajak untuk membuat DIY (Do it Yourself) Oxygen Tank dan Diving Goggle. Bahan – bahannya memang sudah dikirimkan oleh pihak paddlepop, tapi kalian bisa juga kok membuatnya di rumah.

Berikut bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat Oxygen Tank:


  1. 2 buah botol plastik ukuran 1 liter
  2. 1 buah pilox berwarna silver
  3. Lakban hitam
  4. 2 buah Kain flannel warna hitam/putih
  5. 2 buah Tali tambang
  6. Lem UHU atau lem tembak


Cara membuatnya:
  1. Siapkan 2 buah botol plastik ukuran 1 liter, warnai permukaan botol dengan pylox berwarna silver. Diamkan hingga kering. 
  2. Setelah kering tempelkan lakban hitam di ketiga sisi botol.
  3. Rekatkan kedua botol menggunakan lem UHU/tembak.
  4. Tempelkan kain flannel dibagian bekalang botol.
  5. Tempelkan tali di empat sudut kain flannel.
  6. Tutup permukaan dengan kain flannel kedua.
  7. Oxygen Tank siap digunakan!

Untuk Diving Goggle, kalian bisa bikin sendiri Digambar dikertas HVS atau cari free printable kacamata menyelam. Setelah diprint/gambar. Gunting kacamatanya. Jangan lupa bikin gambar selangnya juga ya. Setelah semuanya digunting, lem bagian sisi kiri kacamata, tempelkan selangnya dan bolongi kedua sisi kacamata. Siapkan tali elastis, pasang tali tersebut dikedua sisi kacamatanya. Diving goggle siap dipakai~.

Setelah Hana berpetualangan di dunia bawah laut, Hana diajak menonton pertunjukkan putri duyung/Mermaid show dan doi excited banget. Sampai nanya:

“Mami, itu putri duyungnya beneran ato bohongan?”
Paddlepop seaventure

Kwkwkwkw… Mami jawab aja itu manusia yang lagi nyamar jadi ikan duyung :p

Pentingnya Bermain bagi Anak

Semua pengalaman Hanami ini kita ikuti dalam rangka Hari bermain Sedunia atau Bahasa kerennya World Play Day yang jatuh pada tanggal 28 Mei 2021. Sesungguhnya mami juga baru tau kalau ternyata ada Hari Bermain Sedunia (kemana aja mami? XD).

Selain itu, mami juga ikutan webinarnya bersama narasumber kece. Ada Kak Vera Itabiliana Hadiwidjojo selaku Psikolog anak dan Remaja yang membahas tentang pentingnya bermain untuk anak – anak. Menurut blio, bermain itu banyak manfaatnya seperti: belajar bersosialisasi, belajar tentang aturan lewat bermain, belajar tentang sportivitas, mengembangkan imajinasi, kreativitas serta segudang manfaat lainnya dengan membiarkan anak untuk bermain.

Tapi, sebenarnya arti dari bermain itu sendiri apa sih?


Nah, kalau menurut Kak Vera aktivitas bermain itu adalah segala hal/kegiatan yang membuat anak senang/Bahagia melakukannya, hal itu bisa disebut dengan bermain.

Ketika anak senang, mood anak membaik dan saat belajarpun menjadi lebih menyenangkan. Enggak usah drama kumbara lagi buat nyuruh anak belajar yekan. Tapi, di masa pandemi seperti sekarang memang sebagai orangtua harus banyak berpikir ide bermain seperti apa yang tepat untuk anak.

Jangan sampai, anak asik dengan gadgetnya sendiri dan emak bapaknya juga sama aja. Hal – hal yang seperti ini yang memang harus disasati oleh orangtua dirumah.

Sebelum pandemi, biasanya sih mami sering ajak main Hana diluar ya, biasa staycation atau pergi ketempat wisata. Namun, semenjak pandemi. Mami harus memutar otak bagaimana caranya supaya Hana betah dirumah.

paddlepop seaventure

Ternyata, menurut kak Vera, kita enggak usah ribet mikirin anak harus bermain kaya gimana. Tips-nya agar anak betah dirumah yaitu usahakan jenis mainannya variatif, tapi bukan dengan membelikan mainan anak yang mahal cukup melibatkan diri kita sebagai orangtua bermain dengan anak. Tips yang kedua, meski sekarang di masa pandemi dan anak gak bisa lepas dari gadget. Usahakan mencari konten yang postif dan ramah anak, tapi tetap orangtua harus mengawasi dengan bijak penggunaan gadget pada anak ya. Salah satu kegiatan positif yang lagi tren yaitu wisata virtual atau playdate seasons yang bisa membuat anak tetap senang dan hepi.

Bermain Bersama anak, kreativitas tanpa batas ala Diana Rikasari

paddlepop seaventure

“Banyak hal baik dimulai dengan bermain” - Diana Rikasari; Blogger & Fashion Desainer.

Mom yang satu ini memang enggak usah diragukan lagi kreatifitasnya. Mami aja suka emejing banget kalau melihat instagramnya doi. Ada aja ide menyoal desain – desain bajunya yang tidak biasa itu. Ternyata, rahasianya.. sejak dulu mom Diana enggak pernah dikekang sama orangtuanya menyoal bermain. Doi bebas berkreasi selama masih dalam batas positif. Hasilnya? Liat aja sekarang, ide – ide kreatifnya tanpa batas dan kadang suka diluar nalar orang biasa. Apalagi mami.. ehehe..


Di kesempatan webinar kemarin, Mom Diana berbagi cerita Ketika masa Lockdown di negara Swiss. Tidak seperti di Indonesia yang masyarakatnya masih bisa bebas wara-wiri. Disana mereka beneran lockdown, jadi kegiatan warganya juga serba dibatasi.

Awalnya doi sempat stress, secara anak dirumah aja yekan. Rumah enggak bakalan bisa rapi dan bersih. Alhasil, doi mengubah mindsetnya. Enggak peduli rumah kaya kapal pecah atau kapal – kapalan yang penting anak hepi. Jadilah, Mom Diana dan suaminya merobak semua isi rumah dan menjadikannya ruang bermain untuk anak (playground). Ruangan yang ada dimaksimalkan untuk tempat bermain anak, tujuannya agar anak tidak bosan dan hepi selama masa lockdown.

Hal baik yang bisa diambil dari sharing storynya Mom Diana menurut mami, kita sebagai orangtua tidak boleh terlalu mengekang atau membatasi saat anak bermain. Selama masih dalam batas positif, maka biarkan saja anak bermain, mengeksplor hal – hal baru, biarkan saja rumah berantakan. karena anak yang masa bermainnya dibebaskan oleh orangtuanya bisa membuat kreatifitas dan daya imajinasinya tinggi.

Yuk, moms jangan larang anak buat berantakin rumah yak~

Menjelajah dunia bawah laut Bersama PaddlePop Seaventure

paddlepop seaventure

Kamu kepengen juga melihat biota laut secara virtual kaya Hanami? Tenang aja… kamu bisa menikmati Petualangan virtual jelajah laut secara gratis.

Caranya?

Cukup beli 4 paddlepop varian apa saja, foto bukti struknya dan scan via QR Code yang ada dihalaman website www.paddlepopmainyuk.com kemudian masukkan kode unik yang sudah kamu dapatkan melalui website tadi ya.

paddlepop seaventure

Oia, penawaran ini hanya berlaku sampai bulan Juni 2021 saja, tapi kamu enggak usah kecewa karena bulan Juni mau berakhir. Tenang… bulan Juli PaddlePop ada wisata virtual yang tak kalah serunya loh. Yaitu liburan ke Planet Mochi. Penasaran? Samaaaa >.<~

Makanya kepoin aja ya akun Instagramnya PaddlePop untuk keterangan lebih lanjut.

22 comments

  1. Aku demen bangeeettt sama Diana Rikasari.
    Setujuuu sama mindset-nya dan cara pandang thd hal2 related dgn pandemi dan lockdown
    Enggak peduli rumah kaya kapal pecah atau kapal – kapalan yang penting anak hepi.
    Jadilah, Diana dan suaminya merombak semua isi rumah dan menjadikannya ruang bermain untuk anak (playground)

    Mantab jiwa!

    ReplyDelete
  2. Wah Hanami seneng banget ya bermain ke jakarta Aquarium meski virtual. Ate Ikuut!!
    Dan yang paling menarik ini, melibatkan anak untuk DIY, ah kreatifnyaa. Jadi berasa menyelaam yaa.
    Begh, Seaventure aja beloom, udah aa yang baruu ke Planet Mochiii, makin kepoo.

    ReplyDelete
  3. Bermain banyak manfaatnya buat anak. Ketika bermain, anak rileks dan senang maka dengan mudah menyerap hal-hal baik dan belajar. Nah, menyenangkan banget bisa belajar melalui dunia bawah laut ala Paddle Pop ini.

    ReplyDelete
  4. Asyik juga ya bikin Oxygen Tank dan Diving Goggle sendiri, pasti seneng nih anak-anak. Seru banget pastinya wisata virtual bawah laut bersama paddle pop ini. Anak-anak jadi gak bosen ya meskipun di rumah aja.

    ReplyDelete
  5. Memang menyenangkan sekali jika bisa menikmati semuanya dari rumah saja ya mba. Apalagi bisa jelajah bawah lautnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru yA wisata virtual ini, bisa buat alternatif isi liburan. Jadi ga sabar pengen jelajah Planet Mochi

      Delete
  6. Paddle Pop ini kok seru banget sih Mba. Walau di rumah aja kita jadi bisa ajak anak jalan jalan dan liat kehidupan bawah laut, mana propertinya juga lucu banget

    ReplyDelete
  7. Seru banget kegiatannya mami dan Hana,
    Menjelajahi dunia bawah laut. Kegiatan belajar sambil bermain selain itu juga ada kreativitas juga saat bikin tabung oksigen utk menyelam

    ReplyDelete
  8. seru banget nih acaranya, kita jadi bisa banyak belajar tentang dunia bawah laut

    ReplyDelete
  9. Bikin-bikin DIY nya seruuu.. bonding anak dan ortu bisa tambah kuat nih kalau bikinnya bareng-bareng :)
    Dan setuju banget, aktivitas bermain itu memang penting banget buat anak. Jangan sampai menyesal ya jika di masa kecil kurang bermain, hehehe.

    ReplyDelete
  10. Yeeesss! Berarti akan terus berlanjut, ya. Karena memang kelihatan seru banget, nih. Beneran bisa bikin anak betah di rumah, deh

    ReplyDelete
  11. Bahan untuk membuat Oxygen Tank mudah di dapat ya, boleh nih dicobain di praktekkan sama anak-anak.

    Paddle pop seaventure ini menarik banget ya, anak-anak bisa bermain dan juga belajar. Apalagi sambil ngemil es krim paddle pop, makin asyik

    ReplyDelete
  12. mantap nih idenya paddle pop, mana ada yah anak yang gak suka ice cream, lalu diberi juga edukasi virtual kayak gini. duh kalo aja udah pake jaringan 5G udah berasa main ke laut benaran nih

    ReplyDelete
  13. Sy suka Diana Rikasari, postingannya colorful (fashionnya) jd bikin semangat. Anak-anak di rumah juga suka sama petualangan seaveture Paddle Pop

    ReplyDelete
  14. Seru banget ya Paddle Pop Main Yuk ini. Satu website bikin anak bisa ngelakuin berbagai aktivitas. Ya nonton Seaventure bareng Jakarta Aquarium, ya bikin-bikin juga. Belom sempet nih aku sama anak2 bikin2. Padahal mereka bakalan suka deh yang main warna itu.

    ReplyDelete
  15. Aku suka banget sama mom cantik ini, Diana Rikasari yang berani merombak isi rumah, lalu jadi triiing : playground!

    memang dulu sempat kok bertanya tanya kenapa ya anakku suka di salah satu ruangan - yang adalah ruang tamu! Akhirnya aku berdamai dengan keadaan, justru Ruangan Tamu jadi tempat bermain anak, dan tamu silakan duduk manis di teras aja hehehhee

    senang banget liat mami Ruffie yang kece dengan top- - sunglasses berdua Hanna! Hepi ya mami!

    ReplyDelete
  16. Seru pertualangannya. Pakai persiapan bikin tabung udara untuk menyelam juga. Jadi imajinasinya anak bisa lebih berkembang

    ReplyDelete
  17. Seneng mba ngilangin kangen senorkeling lewat paddle pop seaventure ini.. kemarin anak2ku berulang2 ikutannya...

    ReplyDelete
  18. Yang gak daapt DIY Kit bikin Oxygen tank, bisa banget yaa...bikin sendiri di rumah.
    Suka banget sama kerjasama Ibu dan anak lalu ditutup dengan bermain bersama di bawah laut bersama Paddle Pop Seaventure.

    ReplyDelete
  19. aih seru amat menjelajah lautnya bersama paddle pop
    pas ini buat liburan bentar lagi pasti pada hepi nontonnya
    beli ah biar bisa seaventure juga

    ReplyDelete
  20. Pasti si kakak happy banget yah menikmati bawah laut dengan Nonton melalui HP atau laptop

    ReplyDelete
  21. Hallo Mak dan Hamami, seru banget bikin oxygen tank nya. Karena tidak bisa koment di video jadi komentar nya mampir di blog ya

    Terimakasih Mak atas tulisan disertai video menariknya. Tetap berkarya dan selalu menebar manfaat untuk banyak orang ya. Salam hangat Makmin

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar kamu, tapi plis banget ya pergunakan bahasa indonesia yang baik dan membangun. Mohon maaf juga harus di moderasi biar gak ada yang spam. Happy Comment ^^~