Ini Tips untuk orangtua dukung anak prematur tumbuh berprestasi



Hai hanamiers, kalian tau gak kalau anak prematur itu bisa tumbuh sehat dan berprestasi?

Nah, dalam rangka memperingati hari Prematur Sedunia (World Premature Day) 2022 mami diundang webinar edukasi oleh Danone Specialized Nutrition Indonesia dengan topik “Peran Orang Tua untuk Dukung Anak Prematur Tumbuh Sehat dan Berprestasi” yang menghadirkan pembicara yakni Prof. Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo, SpA(K) selaku Dokter Spesialis Anak Konsultan Neonatologi dan Irma Gustiana Andriani, S.Psi., M.Psi selaku Psikolog Anak dan Keluarga pada 15 November 2022 lalu.


Menurut World Health Organization (WHO) menyebutkan 1 dari 10 anak lahir prematur. Setiap tahunnya di seluruh dunia diperkirakan ada sebanyak 15 juta anak di seluruh dunia yang lahir prematur. Adapun kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi kurang dari 37 minggu.

Mendengar hal ini mami jadi agak parnoan ya, pasalnya alhamdulillah sekarang mami dititipi rejeki dari Alloh yaitu calon adeknya Hana. Setelah penantian selama kurang lebih 9 tahun, akhirnya baru sekarang dipercaya. tapi berhubung kehamilan kedua ini usia mami udah enggak muda lagi jadi memang beresiko sekali dan terlebih berat badan mami yang agak over. Makanya kemarin dokter kandungan menyarankan banyak pantangan makanan guna menghindari resiko preeklamsia dan lahir prematur.

Yang harus diperhatikan saat anak lahir Prematur


Dokter Spesialis Anak Konsultan Neonatologi Prof. Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo, SpA(K) menjelaskan bayi lahir prematur adalah anak yang dilahirkan kurang dari 37 minggu usia gestasi. Pertumbuhan dan perkembangan anak-anak ini harus dipantau karena mereka masuk dalam kategori high risk atau risiko tinggi. “Semua anak butuh dipantau, terlebih bayi prematur. Mereka punya risiko serta tantangan yang lebih kompleks dibandingkan anak-anak yang lahir cukup bulan di awal kelahirannya,” tegasnya.

Beliau juga menjelaskan ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam tumbuh kembang anak yaitu physical health, learning and cognition, mental health, dan quality of life. Secara kesehatan fisik atau physical health. Masalah physical health yang dapat timbul pada anak lahir prematur sangat bermacam-macam, mulai dari gangguan pernapasan dan ketergantungan oksigen karena masalah pada paru hingga gangguan penglihatan dan gangguan pendengaran yang harus dideteksi sedini mungkin.


Anak lahir prematur juga berisiko untuk mengalami gangguan pertumbuhan stunting yang membuat pertumbuhan otaknya menjadi tidak optimal. Jadi, orangtua harus memonitor pertumbuhan anaknya dengan pengisian gratik pertumbuhan dan pemantauan aspek perkembangannya. Dan kita sebagai orangtua jangan pernah banding-bandingkan dengan anak lain, karena anak prematur itu unik dan hanya milik si anak itu sendiri.

secara kemampuan kognitif dan bahasa anak lahir prematur harus distimulasi agar mampu mencerna informasi serta berkomunikasi dengan orang di sekitarnya, nantinya hal ini akan mempengaruhi keterampilan pra sekolah dan akademisnya.

“Orangtua tidak boleh acuh, pemantauan anak yang lahir dalam kondisi high risk harus terus dilanjutkan, tidak hanya berhenti sampai perawatan selesai atau sampai usia 2 tahun saja. Pemantauan anak-anak, termasuk anak risiko tinggi seperti anak yang lahir prematur harus dilakukan bahkan sampai dia memasuki usia dewasa agar berkembang menjadi SDM yang unggul,” ucap Prof. Rinawati antusias.


Ketika memasuki usia sekolah, yang tidak kalah penting untuk diperhatian adalah kesehatan metabolik anak. Karena sering kali menjelang usia remaja, muncul gejala pubertas terlalu dini karena gangguan hormon. Inilah salah satu alasan mengapa pemantauan anak-anak prematur harus dilakukan sesering mungkin dengan melibatkan berbagai macam dokter spesialis.

Dengan melakukan pemantauan secara rutin maka intervensi nutrisi juga dapat dilakukan optimal. Meski anak prematur lahir dengan berat badan yang tidak sama dengan anak lahir cukup bulan, bukan berarti targetnya kemudian adalah menjadikan anak itu gemuk. Untuk menaikkan berat badan anak prematur itu sesungguhnya tidak perlu terlalu cepat karena tidak ada yang instan semua harus berproses.

Artinya orangtua harus berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui intervensi nutrisi yang tepat untuk anak lahir prematur. Untuk berat badan sendiri yang terbaik adalah dengan mengkonsumsi protein hewani seperti daging, telur atau ikan.


Peran Pengasuhan Orangtua dengan anak Prematur


Psikolog Anak dan Keluarga Irma Gustiana Andriani, S.Psi., M.Psi meminta orang tua yang anaknya lahir prematur tidak perlu khawatir. Journal of America Medical Associaton atau JAMA mengungkapkan, hampir semua bayi lahir prematur di semua kategori (moderate to late preterm, very preterm dan extremely preterm) dapat masuk sekolah tepat waktu, sama dengan anak normal lainnya, baik TK, sekolah dasar, maupun menengah. Bahkan tak sedikit dari mereka yang memiliki bakat luar biasa yang tak disangka-sangka.


“Anak prematur adalah anak yang istimewa, mereka bisa tumbuh kembang optimal dan berprestasi,” ujarnya. Ia kemudian menyebutkan serangkaian keistimewaan anak lahir prematur berdasarkan beberapa penelitian. Anak prematur dapat menjalani kehidupan yang sehat dan tangguh dengan fungsi keseluruhan yang baik. Bahkan kebutuhan skin to skin contact yang tinggi akan memaksimalkan perkembangan otak anak.


Ada enam langkah stimulasi potensi anak prematur yang bisa dilakukan sejak dini:
  • langkah pertama adalah deteksi dini gangguan kesehatan yang artinya penting bagi orangtua untuk berkonsultasi dengan dokter secara aktif untuk menemukan serta mengatasi segala hambatan yang dialami anak sejak dini.

  • Langkah Kedua adalah meningkatkan imunitas untuk meminimalisir segala gangguan kesehatan.

  • Ketiga menemukan tanda awal perkembangan dan potensi anak. Sama halnya dengan anak yang lahir non prematur, anak prematur juga penting untuk mendapatkan pantauan dari orang tua. Perhatikan kebiasaan dan minat anak, berikan peluang untuk eksplorasi dan mendorong kreativitas anak.

  • Keempat adalah menumbuhkan percaya diri karena mereka rentan terhadap rasa tidak percaya diri. Bagaimana caranya? Dengan memberikan kasih sayang, jangan memberikan label tertentu padanya, memotivasi anak untuk mau mencoba, serta puji usahanya ketika melakukan sesuatu.

  • Langkah kelima adalah modifikasi kegiatan dan terapi. bayi lahir prematur dengan beberapa hambatan membuat orangtua harus berpikir kreatif agar keinginan anak untuk eksplorasi tetap terpacu. Sehingga kesempatan pengembangan potensi anak tetap optimal. Misalnya terapi sensori integrasi untuk mengembangkan kemampuan belajar, konsentrasi dan emosinya.

  • Langkah keenam adalah menjaga kualitas emosi orangtua. Karena apapun bentuk stimulasi yang diberikan kepada anak untuk mengoptimalisasi kemampuannya akan terhambat jika orangtua tidak terampil mengelola emosinya.

Overall,

Webinar edukasi kali ini beneran membuat insight mami bertambah seputar anak lahir prematur. Dan jujurly ini persiapan mami menjelang kelahiran nanti. Memang materi yang diberikan lengkap banget dan dijabarkan secara detail bagaimana penanganan anak prematur mulai dari gizi hingga pola asuh. Semoga tulisan mami yang ini juga berguna untuk parents diluar sana yang akan memiliki anak atau sudah melahirkan tapi dengan anak prematur.

4 comments

  1. iyesh kita sebagai orangtua jangan pernah membanding2kan anak sendiri sama anak orang lain ya. rada kesel emang sih karena masih ada beberapa orangtua yang suka banding2in

    ReplyDelete
  2. bener rupi, anak lahir prematur juga bisa tumbuh berprestasi asal orangtuanya mau mengerti kebutuhan anaknya ya

    ReplyDelete
  3. setuju sama mamih, bener ya anak berprestasi itu memang butuh dukungan dari orangtua apalagi klo anaknya lahir prematur

    ReplyDelete
  4. perlu di save nih tulisannya, memang benar setiap anak itu terlahir dengan kelebihannya masing - masing

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar kamu, tapi plis banget ya pergunakan bahasa indonesia yang baik dan membangun. Mohon maaf juga harus di moderasi biar gak ada yang spam. Happy Comment ^^~