Review: Kasur Sehat C-PRO, dengan Teknologi Airmate-nya Membuat Tidur Lebih Nyaman dan Berkualitas


Tempat tidur tentunya memiliki peran yang sangat penting untuk kualitas tidur seseorang, sehingga furniture tersebut selalu ada di setiap rumah. Saat ini pun sudah tersedia berbagai macam bentuk, bahan dan aksesoris tambahannya. Mulai dari Kasur berbahan busa hingga latex, berbagai jenis pilihan dan harga juga membuat masyarakat kita bebas memilih yang sesuai dengan mereka. 

Membahas mengenai tempat tidur maka tak lepas dari sebuah kenyamanan. Hal ini yang sebelumnya tidak mami hiraukan ketika membeli tempat tidurnya Hana. Secara ya, sebagai seorang emak, begitu melihat furniture sale langsung deh ambil kesempatan dan memang waktunya pas karena ada rencana untuk memisahkan Hana dari kamar mami. Sejak bayi hingga sekarang kelas 1 SD, Hana masih bobok bareng mami dan papi. Entah kenapa dia ogah banget buat bobok sendiri padahal kebayang kan satu Kasur ukuran king size ditiduri oleh tiga orang? Kwkwkw.. ndusel-ndusel. Drama nendang tengah malem pun tak terelakkan. Kadang yang selalu mengalah adalah papi, doi jadinya bobok di ruang tengah hanya beralaskan sofa sebagai tempat istirahatnya. Maapp yaa pihh~ 

Jadi, beberapa bulan lalu. Mami membeli satu set furniture untuk kamarnya Hana, berikut tempat tidur. Ternyata ada bonus Kasur springbed sebagai tambahannya. Seneng dong, impian mami untuk Hana pisah kamar akan segera terealisasi. Namun, ketika hari-H, kamarnya sudah persiapkan sedemikian rupa dan Hana menyanggupi akan bobok sendiri ternyata keesokan paginya ia bilang bahwa semalam tidak bisa bobok nyenyak karena Kasur yang terlalu keras untuk tubuh mungilnya. Tiba- tiba mami sedih…apa mami terlalu memaksa Hana untuk bobok sendiri? 


Kasur Keras vs Kasur Empuk 

Banyak yang mengatakan jika kasur keras merupakan yang terbaik. Bahkan, orang pada jaman dahulu memiliki kondisi kesehatan lebih baik karena tidur di dipan—kayu sebagai alas kasurnya. Beberapa peneliti juga menyimpulkan bahwa semakin kecil tingkat kemembalan kasur, maka semakin baik pula kasur tersebut dalam membentuk posisi tulang yang natural. Kerasnya kasur dapat menekan titik-titik tertentu pada tulang sehingga berada pada posisi seharusnya. Sehingga akan membuat otot, pembuluh arteri, dan vena menjadi lebih rileks. Hasilnya, sirkulasi darah akan meningkat dan dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak. Keuntungan lain dari tidur dikasur keras adalah mencegah sakit punggung karena posisi tulang yang tidak “tenggelam” dalam kasur. Hal ini, membuat paru-paru mendapat asupan oksigen dengan lebih baik. Namun, bukan berarti tidur di dipan seperti yang dilakukan orang jaman dahulu bisa dijadikan patokan/ukuran bahwa kita harus tidur di Kasur yang keras. 

Sebenarnya Kasur yang terlalu keras akan memberikan tekanan berlebih pada tulang-tulang kita, sehingga keluar dari keselarasan. Sehingga dapat mengganggu perdaran darah dan volume oksigen dalam tubuh. 

Sekilas mami membayangkan nyamannya tidur di kasur yang sangat empuk. Padahal, kasur yang terlalu empuk membuat posisi tulang punggung menjadi tidak natural, karena terlalu “tenggelam” di dalam kasur. Saat hal ini terjadi, maka paru-paru tidak mampu mendapatkan oksigen dalam jumlah banyak. It can prevent you from getting good sleep. Tak hanya itu, posisi tulang belakang yang tidak nyaman juga bisa menyebabkan sakit tulang belakang yang berkepanjangan. Huhu.. ternyata Kasur empuk itu tidak menjamin keyamanan ketika tidur ya. 

Baiknya tipe Kasur yang seperti apa sih yang cocok untuk tidur nyenyak dan tidak menganggu kesehatan kita? 

Menurut peneliti asal Spanyol yang telah meneliti 313 orang partisipan untuk mengganti kasur mereka. Sebanyak 50% dari partisipan tersebut menggunakan kasur dengan tingkat kelembutan 2,3 dari 10 (medium hard), sementara sisanya menggunakan kasur dengan tingkat kelembutan 5,6 dari 10 (medium soft). Dan mereka menggunakan kasur tersebut selama 90 hari. Hasilnya, 80% partisipan yang menggunakan kasur medium-hard justru mengalami sakit punggung, sementara hanya 70% dari pengguna kasur medium-soft yang alami sakit punggung. Tak hanya itu, dilihat dari rasa tidak nyaman dalam menjalani hari, sebanyak 50% dari mereka yang tidur di kasur medium-hard ternyata merasa tidak nyaman, sedangkan hanya 30% dari mereka yang tidur di kasur medium-soft yang merasakan ketidaknyamanan. 

Kasur sejatinya menjadi pendukung posisi natural tubuh seseorang. Lekuk tulang belakang, posisi kepala, bahu, bokong, sekaligus tumit harus memiliki posisi yang selaras saat kita tidur. Jadi bila kita akan memilih Kasur, pilihlah tipe Kasur dengan medium soft, pilihannya bisa Kasur yang terbuat dari bahan latex atau semi latex. Tapi, bila sudah terlanjur membeli Kasur yang bertipe keras, salah satu cara untuk mengakalinya dengan menggunakan kasur sehat untuk membuat badan tetap sehat dan nyenyak ketika tidur. 


Fungsi kasur sehat 

Kasur sehat memiliki peranan penting bagi kenyamanan kita terutama untuk si kecil. Seperti halnya selimut yang bersentuhan langsung dengan kulit anak. Begitu juga dengan kasur sehat. Oleh karenanya, kita juga harus memilih kasur sehat terbaik supaya tidur si kecil menjadi lebih nyaman dan tidak terganggu. Saat ini ada banyak kasur sehat yang beredar di pasaran dengan ukuran yang dapat disesuaikan dengan ukuran kasur. 

Kasur sehat yang baik adalah yang terjaga kebersihannya, tidak terlalu keras, namun juga tidak terlalu empuk. Kasur sehat merupakan lapisan ekstra yang digunakan untuk melapisi tempat tidur dan memiliki karet pengait di semua ujungnya, sehingga mudah dipasang maupun dilepas. Pada umumnya kasur sehat berwarna putih dan diisi dengan aneka bahan yang bervariasi seperti polyester, polyethylene, cotton, lyocell, atau sintetis. 

Kasur sehat biasanya memiliki ketebalan sekitar 1 - 5cm dengan berbagai macam isian seperti dakron, aneka sintetis, mikrogel, nanogel atau bahan lain yang empuk jika ditiduri. Nah, lapisan inilah yang memberikan kenyamanan saat tidur di atasnya. 


Tips memilih kasur sehat yang baik untuk anak 

Dari sekian banyak bahan untuk membuat kasur sehat, berikut tips dari mami bagaimana memiih kasur sehat yang tepat untuk anak: 
  1. Pilih kasur sehat yang cocok untuk ukuran Kasur si kecil. Jika kamu tidak memilih ukuran yang tepat, maka alas tersebut akan mudah bergeser dan terlepas sehingga menyebabkan tidur anak menjadi tidak nyaman karena alas yang bergeser kesana kemari. 
  2. Pilihlah kasur sehat yang gampang perawatannya, sprei dan tempat tidur anak akan mudah kotor karena keringat berlebih, air liur dan biasanya mereka berkegiatan di atasnya, seperti Hana yang kadang suka bermain masak – masakan atau membawa kudapan diatas Kasurnya sehingga mudah sekali kotor. Karena hal itu, kita harus memilih kasur sehat yang mudah dibersihkan dan tidak merepotkan dalam perawatannya supaya Kasur tetap bersih dan sehat. 
  3. Pilih kasur sehat yang waterproff/anti air, Menggunakan kasur sehat yang tahan air untuk melapisi anak kan membuat kita merasa lebih aman. anak biasanya cukup sering mengotori kasur sehat dengan air liur, ompol, keringat, susu tumpah, dan lain-lain. Jika kasur sehatnya tidak mampu menahan air, tempat tidur bisa basah atau kotor. Anak yang sudah tidak memakai diapers dan lolos toilet training pun terkadang bisa mengompol di malam hari. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah kasur sehat waterproof yang mampu menahan air. 
  4. Pilih kasur sehat yang mudah dibersihkan, Berhubung kasur sehat mudah kotor, ada banyak orang tua yang ingin mencuci kasur sehat anaknya setiap hari supaya selalu terjaga dalam kondisi bersih. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih produk yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci/cuci tangan agar bisa langsung mencucinya ketika kasur sehat kotor. Produk yang bisa dimasukkan dalam mesin pengering juga akan sangat membantu, apalagi ketika cuaca sedang tidak bersahabat. 
  5. Pilih material kasur sehat yang tepat untuk kenyamanan si kecil, ada banyak bahan dan isian kasur sehat yang beredar dipasaran. Tapi biasanya -termasuk mami- suka bingung menentukan bahan apa yang tepat sebagai kasur sehat anak. Saran mami, baiknya cover material luar terbuat dari serat bambu. Untuk bahan isianya spun polyester. 

Kenapa harus C-PRO sebagai Kasur Sehat? 


REVIEW CPRO MATRASS TOOPER
Jadi, beberapa waktu lalu mami berkunjung ke pameran ibu dan anak terbesar di Jakarta; IMBEX 2019. Sengaja memang, dengan niatan mencari kasur sehat untuk Hana. Setelah mengitari hampir setengah pameran yang ada, akhirnya mami tertarik pada stand C-PRO. Jujur, mami belum pernah mendengar merk tersebut sebagai kasur sehat, mungkin karena masih belum aware dengan kenyaman tidur kali ya. Jadi, langsung saja mami bertanya apa keunggulan dan manfaatnya. 

Ternyata.. 

C-PRO MERUPAKAN JOIN VENTURE ANTARA PT CHITOSE INTERNASIONAL TBK DENGAN C-ENG CO., LTD (JEPANG) 

REVIEW CPRO MATRASS TOOPER

C-Eng menciptakan dan mengembangkan bentuk simpul teknologi 3-dimensi unik, yang disebut sebagai teknologi Airmate. Produk C-Eng sangat digemari di Jepang. Dan Kini Chitose Internasional bersama dengan C-Eng Jepang membawa semua manfaat Airmate melalui C-PRO. Sebagai produsen furniture berpengalaman untuk pasar global, Chitose Indonesia menerapkan standar kualitas tertinggi dibawah pengawasan C-Eng Jepang. C-PRO memberikan semua manfaat Teknologi Airmate untuk menciptakan kesehatan yang lebih baik. 

Bahan yang mereka patenkan dibuat dengan polimer food-grade tertinggi, diproduksi oleh salah satu perusahaan kimia terbesar di dunia, Dow Chemical. Dengan lebih dari 70 tahun sejarah dalam pengembangan pengolahan polimer, Dow Chemical bersama dengan C-PRO menghasilkan produk yang andal dan aman bahkan untuk bayi yang baru lahir dan paling lembut. 

REVIEW CPRO MATRASS TOOPER

Teknologi Airmate itu.. 

Teknologi simpul tiga dimensi yang dapat bernapas, Airmate terbuat dari food-grade polyethylene bermutu tinggi. Airmate mengandung 90% udara berdasarkan volume. 

Airmate memiliki karakteristik unik sehingga membuat tidur si kecil lebih baik. Sifatnya yang bisa bernafas, dapat meregulasi suhu tubuh saat tidur. Dengan daya lenting yang tepat, Airmate dapat membantu menopang tubuh dengan sempurna saat berbaring. Airmate ini sangat mudah dicuci, jadi membuatnya tetap bersih dan higienis. Airmate diciptakan dengan material yang tidak beracun dalam kolam air murni tanpa tambahan bahan kimia.Kelebihan airmate ini Direkomendasikan oleh Asosiasi Pasien Dermatitis Atopik Jepang. 

Kelebihan C-PRO dibandingkan produk sejenis lainnya: 

REVIEW CPRO MATRASS TOOPER

  1. Breathable, karena 90% material airmate terdiri dari udara, maka ketika anak berbaring, udara bisa bergerak bebas. Sifat yang bisa bernafas ini membantu meregulasi suhu tubuh si kecil. Sehingga merasa lebih sejuk ketika cuaca panas dan merasa hangat ketika cuaca dingin. Untuk Bayi sekalipun dapat tetap bernafas meskipun melalui kasur sehat. Hal ini membantu menurunkan risiko bayi sulit bernafas saat tengkurap. Airmate material membantu mengurangi produksi keringat dan mengurangi risiko luka baring. 
    REVIEW CPRO MATRASS TOOPER
  2. Mudah dicuci, C-PRO menciptakan kasur sehat Airmate yang sangat mudah dicuci. Letakan saja covernya di mesin cuci, lalu bersihkan kasur sehatnya dengan air. Kasur sehat tersebut akan kering dengan cepat. Hal tersebut dapat membantu menghalangi pertumbuhan jamur dan bakteri sehingga kasur sehat lebih higienis. 
  3. Anti bakteri, dengan teknologi airmate-nya bisa mengusir pertumbuhan bakteri dan jamur. Dapat juga mengurangi risiko penyakit dan gejala alergi. 
  4. Non Toxic atau tidak beracun, dengan terbuat dari bahan PE kualitas food grade bermutu tinggi dan dengan pembuatannya didalam air yang murni tanpa tambahan bahan kimia. Hal ini menunjukkan bahwa C-PRO terbukti aman untuk semua umur termasuk bayi yang baru lahir. 
  5. Body Pressure dispersion, Saat kita berbaring, beban tubuh terkonsentrasi di beberapa bagian. Hal ini dapat menyebabkan pegal dan nyeri pada bagian-bagian tertentu apalagi untuk si kecil yang sangat sensitive ya. C-PRO dengan Teknologi Airmate-nya membantu penyebaran beban tubuh yang lebih merata serta dapat mengurangi rasa pegal dan tidur lebih nyenyak. 
  6. Easy Movement, Tidur di kasur yang terlalu empuk dapat menyebabkan sulit merubah posisi. Teknologi Airmate dengan daya pegas yang unik dengan lembut menopang tubuh dan membantu perubahan posisi saat tidur lebih mudah. Sehingga membantu si kecil merasa nyaman dan terlelap tidur. 
  7. Lightweight, Karena 90% material Airmate terdiri dari udara, jadi sangat mudah untuk dipindahkan, dirawat dan disimpan. 
  8. Easy to carry, karena ringan jadi mudah dibawa kemana saja bahkan saat traveling sekalipun karena dilengkapi tas praktis. 
  9. Durable & 100% Recyle, airmate ini kuat dan tahan lama plus bisa didaur ulang sehinga aman untuk lingkungan. Dan bergaransi sampai 10 tahun. 

Overall… 

REVIEW CPRO MATRASS TOOPER

Setelah mami mencoba kasur sehat C-PRO sebagai alas kasurnya Hana selama kurang lebih seminggu, doi jadi berani bobok sendiri, tidurnya pun nyenyak dan berkualitas. Hal ini terbukti dengan Hana tidak mengalami pegal – pegal atau kurang tidur yang menyebabkan doi cranky parah. Iyesh.. Hana itu drama banget kalau kurang tidur apalagi tidurnya gak nyenyak, duhh.. bisa rewel seharian deh. Meski sudah SD tetap saja doi ini masih bayi di mata mami. 

So, buat parents diluar sana. Bijaklah dalam memilih kasur sehat yang tepat untuk anak kita. Jangan asal dalam memilih, dan C-PRO ini memang terbukti membuat tidur kita lebih berkualitas. Meski dalemannya kata hana kaya mie soun, sesungguhnya material airmate ini sangat kuat. Mami enggak asal soal testimoni ini ya. 

REVIEW CPRO MATRASS TOOPER

Mami pernah mencoba juga bobok di kasur Hana dengan C-PRO sebagai kasur sehatnya, dan beneran dong bisa menopang tubuh mami dengan baik. Meski dengan ketebalan 3,5cm ketika mami bobok rasanya itu alas tebal banget dan empuk. Dan membuat tulang punggung mami enggak sakit. 

Memang ada harga ada kualitas, but its really wort it to buy. Jika kamu memang sayang sama anak, gak akan nyesel deh beli kasur sehat C-PRO. Yang mami sesalkan, kenapa hanya beli untuk ukuran kasurnya Hana saja. Ternyata C-PRO juga memproduksi kasur sehat dengan berbagai ukuran bahkan ada yang untuk kemping juga. 

So, mari hidup sehat berawal dari memilih kasur sehat yang tepat ya. 

REVIEW CPRO MATRASS TOOPER


19 comments

  1. Aku tuh udh tertariiiik banget mau beli kasur ini mba. Memang sih agak mahal, tp kalo bisa sebagus itu kualitasnya, ya gpp. Ringan, sehat, ga terlalu tebal, bisa dicuci pula. Apalagi kalo rumah kena banjir yg mana kasur jd korban, kan ga perlu di laundry yg hrgnya LBH mahal dr kasurnya :p.

    Aku terbiasa dgn kasur keras. Krn papa punya penyakit punggung. Makanya sedari aku msh SMP, papa itu udh tidur dengan beralas triplek di kasurnya. Aku ga seekstrem itu sih, ttp pake kasur, tp yg keras. Dan memang LBH enak utk punggung.

    Pas ke Jepang dulu, aku tinggal di apart adek yg kasurnya model dilipat, dan ga terlalu empuk. Mungkin rada mirip cpro ini. Dan itu memang ENAAAAK banget. Sempet kepikiran jd nya apa kasur aku ganti dengan model kasur gini ya, kalo bisa dilipat, dan hanya dikeluarkan saat tidur, sbnrnya asik juga. Ruangan bisa LBH luas hahahahah... Mau nabung deh, utk beli kasurnya :D

    ReplyDelete
  2. ini kayaknya pas ya kerasnya nggak yg bikin sakit punggung soalnya kalau terlalu lembek juga bikin sakit punggung :)

    ReplyDelete
  3. Ini kasur yg easy to wash itu bukan sih, Mbak? Aku jadi tertarik beli nih, apalagi sudah waktunya ganti kasur.

    ReplyDelete
  4. Halo Hana. Aduh pinter banget ya akhirnya mau bobo sendiri. Btw kasur sehat ini emang pengaruh banget ya mba buat kualitas tidur kita. TernasTe anak2 yang biasanya suka ngeluh sakit. Perlu dicoba nih kasur C pro

    ReplyDelete
  5. Seneng banget sekqrang ada kasur c-pro yg ramah bayi-dewasa ya. Udah gitu perawatannya gampang plus ada anti bacterial

    ReplyDelete
  6. Penasaran deh tidur sama kasur ini, kayanya nyaman banget dipakai tidur, bisa nyenyak semalaman hehe

    ReplyDelete
  7. Kasur memang bisa jadi sumber masalah kesehatan. Kalau tudak bisa tidur bawaan tuh kesel banget.

    C-Pro kasur yang bisa di pakai siapa saja baik orang tua maupun anak-anak.

    ReplyDelete
  8. berarti kenapa badan saya pegal di bangun tidur karena kasur yg gk bs ikuti bentuk tulang belakang dan tubuh saya toh. maj CPRO ino

    ReplyDelete
  9. Kasur nya bisa dicuci dan material nya pun dari Airmate ya kualitas bagus. Harga ya seimbang lah ya dengan fungsi nya. Jadi penasaran sama kasur C-pro ini deh

    ReplyDelete
  10. Waah pengen banget ganti kasurku ke c pro kasur sehat. Akhir-akhir ini kena insomnia parah mba, siapa tau pakai ini bisa sembuh. Suka deh sama kasur ringan gini, enak dibawa traveling juga ya.

    ReplyDelete
  11. Yaampun itu bobonya nyenyak banget mba anaknya hihi, jadi pengen juga punya kasur kesehatan. Biar bangun pagi tetep bugar dan semangat

    ReplyDelete
  12. Meski emang kalo udah ngantuk ya tidur bisa dimana aja, tapi kalo dapat nilai lebih tidur di alas kasur sehat kenapa enggak kan ya

    ReplyDelete
  13. Pas banget buat yg insomnia nih, bikin tidur makin nyaman dan bangunnya jadi lebih fresh

    ReplyDelete
  14. Wah Hana boboknya makin nyenyak semenjak pakai CPRO ya?
    Kita jg sebagai ortu gak khawatir karena kasur ini gampang dibersihkan jd lbh higienis gtu kalau buat bobo anak2 ya mbak

    ReplyDelete
  15. Aku juga uda nyobain kasur CPRO ini mba, mayan banget buat bikin badan lempeng tidurnya jadi pas pagi hari bangun terasa lebih semangat jadinya untuk memulai hari

    ReplyDelete
  16. Penasaran sama harganya. Anakku juga agak susah tidur soalnya. Siapa tahu pakai cpro jadi mudah dan nyenyak

    ReplyDelete
  17. kaka hana pasti nyenyak banget ya tidur pakai c pro, tapi ngga telat bangun dan berangkat sekolah kan sayang?

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen ngerasain juga deh tidur di atas kasur C Pro ini. Apalagi ini canggih banget kasurnya. Hehe

    ReplyDelete
  19. Jadi ingat pertama kali beli kasur lalu anak-anak lahir. Sengaja banget memang gak melepas plastik pembungkusnya. Tapi yha gituuu...resikonya, setiap gerak di atas kasur, kasurnya bunyi. Kreseeekk...kreseekk...gak nyaman banget.

    Sekarang anak-anak uda pada gede, tapi jadi sayang melepas plastik pembungkusnya. Hhiiihii~
    Coba kalau di atasnya dikasih lapisan C-Pro yaa...makin nyaman.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar kamu, tapi plis banget ya pergunakan bahasa indonesia yang baik dan membangun. Mohon maaf juga harus di moderasi biar gak ada yang spam. Happy Comment ^^~